Pengamat: Pilpres 2019, Bisa Jadi Jokowi Yes, PDIP NO
Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ali Munhanif. Foto: A. Faiz Salim/TILIK.ID
KOMENTAR

TILIK.ID, Jakarta--Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ali Munhanif menjelaskan, jika PDIP tidak segera mengatasi kesan masyarakat yang seolah-olah Jokowi dibawah kendali PDIP maka ini bisa menjadi mimpi buruk PDIP.

Menurut Ali, kesan tersebut bisa semakin berkembang di Pilpres 2019, dan bisa membuat anggapan  masyarakat "Jokowi Yes, PDIP No".

"Maka tadi (Jokowi Yes PDIP No) seolah-olah PDIP seperti partai yang tidak di kehendaki, karena dia terus-menerus mengontrol Jokowi" kata Ali dalam diskusi bertajuk "Evaluasi Pilkada Serentak 2018," di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Ali yang juga sebagai anggota Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) itu mengatakan, menurutnya Jokowi pada Pilpres nanti jauh lebih kuat citra politiknya.

Selain itu Ali mengatakan, Jika PDIP tidak melakukan evaluasi dalam pembentukan perilaku dalam koalisi, maka dia akan semakin terpojok, karena  hasil Pilkada menunjukan bahwa kekuatan Jokowi lebih punya otonomi.

"Saya kira tidak benar jika di gaungkan bahwa Jokowi adalah petugas partai, dan seolah-olah Jokowi ada di bawah bayang-bayang PDIP, " kata Ali. (Fiz)

 

Relawan KAPAS Juga Masuk ke Desa Citapen

Sebelumnya

Relawan KAPAS Terus Rambah Desa-Desa di Sukabumi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Politik